Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Selasa, 12 April 2016

Tips Menurunkan Berat Badan

Kali  ini saya ingin berbagi tips seputar cara menurunkan berat badan dan  insya Allah membuat tubuh kita  menjadi lebih sehat
1. Perbanyak minum air putih
Dengan banyak minum air putih maka kita akan selalu merasa kenyang dan tidak mudah ngemil sembarangan. Terkadang respon lapar yang kita rasakan sebenarnya bukanlah rasa lapar tapi rasa haus yang kita salah artikan dengan rasa lapar. Cobalah minum segelas air sebelum memutuskan apakah anda betul-betul lapar atau hanya sekedar haus saja.
2. Berolahraga dan beraktivitas fisik
Terkadang kita lupa untuk berolahraga dan beraktivitas fisik khususnya bagi pegawai yang kerja di kantor dan sepanjang hari hanya duduk di meja kerjanya. Oleh karena itu, sempatkanlah berolahraga dan beraktivitas fisik misalnya jogging dipagi hari, bersepeda di sekitar rumah, naik tangga di kantor, jalan kaki menuju tempat kerja,  atau sekedar membersihkan rumah, mencuci baju dan piring sebagai rutinitas harian kita. Selalu sempatkan walau hanya beberapa menit setiap hari.
3.  Makan tidak sampai kenyang
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan kita untuk makan sekedar menegakkan tulang punggung kita ataukah jika tidak maka kita membagi perut membagi 3 yaitu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 untuk bernapas.
4. Istirahat yang cukup
Malam hari adalah saat hormon kita mengalami siklus pengeluarannya dan jika kita terbiasa begadang, maka akan menganggu pelepasan hormon-hormon tersebut. Hal ini menyebabkan pemulihan sel-sel tubuh terganggu  dan memicu stres yang bisa menaikkan berat badan anda.
5. Hindari stres
Ketika kita stres maka tubuh akan memicu pengeluaran hormon stres seperti kortisol yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan memicu rasa lapar. Akibatnya kita akan makan secara berlebihan dan meningkatkan risiko obesitas
6. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti sayur dan buah-buahan
Dengan rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan akan menekan rasa lapar lebih lama dan pencernaan pun menjadi lebih lancar. selain itu, sayur dan buah-buahan memiliki kalori yang cukup rendah
7. Mengkonsumsi makanan sehat
Sekaranglah saatnya anda memperbaiki pola makan yang kurang sehat seperti mengkonsumsi cemilan manis, berminyak dan cepat saji (junk food) dengan makanan sehat yang akan membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Makanlah makanan yang mengandung gizi seimbang seperti karbohidrat kompleks, protein hewani dan nabati, lemak secukupnya, vitamin dan mineral.
8. Berpuasa
Salah satu sunnah nabi  shallallahu alaihi wa sallam yang mesti kita lazimkan adalah berpuasa. Bukan hanya untuk menurunkan berat badan kita tapi lebih utama adalah agar mendapatkan pahala. Dengan berpuasa, maka pola makan kita akan teratur, kita akan terhindar dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan tentu akan mengeluarkan racun-racun dari tubuh kita karena organ-organ yang bekerja optimal dalam menjalankan fungsinya selama kita berpuasa.
9. Menyusui (bagi ibu menyusui)
Bagi ibu yang sedang menyusui anaknya, maka hal tersebut akan sangat membantu menurunkan berat badannya. Susuilah anak anda minimal 6 bulan dan maksimal 2 tahun. Insyaallah berat badan akan turun dengan cepat.

Semoga bermanfaat.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar