Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Selasa, 12 April 2016

Luruskan niat, Ikhlas karena Allah

Apapun yang kita lakukan/amalkan pasti memiliki niat didalamnya. Diterima atau tidaknya amalan kita tergantung niat apa yang ada dalam hati kita. Oleh karena itu, kita seharusnya senantiasa meluruskan niat-niat kita dalam beramal hanya untuk mengharapkan ridho Allah.
"Sesungguhnya semua amalan itu tergantung pada niatnya, dan setiap orang tergantung apa yang dia niatkan. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan rasul Nya maka hijrahnya adalah untuk Allah dan rasul Nya. Dan barangsiapa hijrahnya karena dunia yang ingin ia dapatkan atau seorang wanita yang ingin ia nikahi maka hijrahnya adalah untuk apa yang dia hijrah" (HR Bukhari Muslim)
Syaikhul islam Ibnu Taimiyah berkata: Niat bagi amal ibaratnya adalah nyawa bagi badan
Jadi suatu amalan tanpa adanya niat adalah bagaikan badan yang tidak memiliki nyawa, artinya sia-sia saja. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa meniatkan amalan-amalan kita ikhlas karena Allah, mengharapkan ridhoNya semata dan tentu saja melakukan amalan tersebut sesuai dengan tuntunan rasul Nya. Semoga Allah menerima segala amalan kita dan memasukkan kita ke dalam jannahNya. Allahumma aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar