Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Selasa, 12 April 2016

Jangan pernah meremehkan orang lain

Seringkali kita merasa lebih baik dari orang lain. Padahal kita tidak pernah tahu bagaimana kedudukan orang tersebut di sisi Allah ataupun kedudukan diri kita disisi Allah. Boleh jadi orang yang kita anggap remeh tersebut jauh lebih mulia dihadapan Allah. Hanya saja kita tidak melihat kebaikan yang dimilikinya karena satu atau beberapa kekurangan yang dimilikinya. Boleh jadi orang tersebut lebih lambat hijrahnya (mendapat hidayah) tapi bisa jadi dia akan menjadi pribadi yang lebih baik dari diri kita yang lebih dulu hijrah. Ataukah mungkin saat ini dia mengalami kefuturan (down) tapi boleh jadi suatu hari nanti dia akan kembali menggapai hidayah dan manjadi jauh lebih baik dari kita. Hanya Allah yang Maha Mengetahui kedudukan hamba-hambaNya disisi Nya.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk menghindari sifat meremehkan orang lain adalah dengan melihat kepada keburukan diri kita agar kita tidak menjadi sombong dan merasa lebih baik dari orang lain. Hal ini akan membuat kita tidak merasa lebih dari orang lain dan terus memperbaiki diri kita. Cara lainnya yang dapat ditempuh adalah dengan melihat kelebihan orang lain dan mengabaikan keburukannya. Selalu bersikap positif bahwa kebaikan orang lain jauh lebih banyak dari keburukannya.  Tugas kita yang utama adalah terus memperbaiki diri dan berdoa agar amalan kita diterima oleh Allah. Karena tidak seorang pun yang mengetahui apakah Allah telah menerima amalan-amalannya dan apakah Allah telah ridho terhadap dirinya. Jadi jangan pernah merasa lebih baik dari orang lain dan jangan pernah meremehkan orang lain. Semoga kita bisa mengambil pelajaran. Allahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar