Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Senin, 11 April 2016

Jangan sia-sia kan waktu mu

Seringkali kita tidak menyadari bahwa banyak waktu yang kita habiskan untuk hal yang sia-sia. Kita menghabiskan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal mubah atau bahkan terjatuh pada maksiat. Sebagai contoh adalah bersosial media. Terkadang kita bisa menggunakan gadget untuk bersosial media (sosmed) selama berjam-jam. Sebenarnya sosmed merupakan hal yang mubah. Namun bisa melalaikan kita dari ibadah-ibadah seperti sholat, tadarrus Al Qur'an atau dzikir rutin. Bahkan seringkali kita terjatuh pada maksiat selama menggunakan sosmed karena banyaknya aurat wanita yang terbuka selama kita bersosmed (bagi laki-laki), bergosip, atau sekedar bercanda (dengan cara berbohong) dengan teman-teman kita. Bahkan ada yang sampai melakukan hubungan yang diharamkan (pacaran/zina) melalui sosmed.  Contoh lain dalam menyia-nyiakan waktu adalah permainan games atau membaca buku yang kurang manfaat. Memang hukumnya boleh-boleh saja, tapi kita terkadang lalai menghabiskan waktu kita untuk hal tersebut. Padahal mungkin sholat kita masih bolong-bolong atau menunda waktu sholat karena hal tersebut, tadarrus tidak pernah dan lalai dari dzikir kepada Allah. Maka sangat beruntunglah orang-orang yang bisa memanfaatkan waktunya dalam ibadah dan ketaatan kepada Allah. Mereka meninggalkan hal sia-sia yang bisa membawa kepada dosa dan maksiat. Allah azza wajalla telah berfirman:
" sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna." (QS Al Mu'minun:1-3) 
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda
Diantara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat (HR At Tirmidzi) 
Kita diciptakan di dunia ini untuk beribadah kepada Allah dengan memaksimalkan berbagai nikmat yang telah Allah karuniakan kepada diri kita baik berupa waktu, kesehatan, harta maupun kekuasaan. Namun sering sekali kita lalai dalam memanfaatkan nikmat-nikmat tersebut khususnya nikmat waktu. "Ada dua kenikmatan yang mayoritas manusia merugi didalamnya yaitu kesehatan dan waktu luang"(HR Bukhari)"
Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (QS At Takatsur:8)
Oleh karena itu, marilah saudariku kita memanfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya . Melakukan amalan-amalan wajib dan sunnah untuk mengharapkan ridhoNya dan meniatkan setiap aktivitas kita untuk beribadah kepadaNya. Semoga berkah hidup selalu menyertai setiap usaha yang kita lakukan untuk semakin dekat kepada Pencipta kita sebagai bentuk rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan Allah.
Sumber: Majalah Hidayatullah edisi 12, april 2016
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar