Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Jumat, 08 April 2016

Apa setelah bersalin?

Seorang ibu yang baru saja melewati masa persalinan, tentu memerlukan waktu untuk memulihkan fisik yang lelah sehabis bersalin dan mental yang mungkin tertekan akibat rasa sakit yang cukup lama selama bersalin. Inilah jihad seorang ibu, berjuang untuk melahirkan buah hatinya kedunia dengan susah payah. Oleh karena itu, selepas bersalin, tentunya perlu beberapa kiat agar bisa segera pulih kembali baik secara fisik dan mental. Berikut  beberapa tips yang dapat dilakukan para ibu setelah bersalin. Semoga bermanfaat.
1. Istirahat
Sehabis bersalin, seorang ibu telah menguras tenaganya untuk mengedan dan menanggung rasa sakit pada tubuhnya. Selain itu, perdarahan dari rahim bisa menyebabkan ibu menjadi pusing dan sulit untuk bergerak. Jadi, ibu harus istirahat selama beberapa hari setelah bersalin. Minimal 2 jam setelah bersalin, seorang ibu belum boleh bergerak sampai bisa dipastikan perdarahannya sudah tidak aktif. Setelah itu, ibu baru boleh dipindahkan ke ruangan lain. Ibu dipakaikan popok dewasa agar tidak perlu berjalan ke kamar mandi lagi. Ini semua dilakukan agar kondisi ibu bisa segera pulih.
2. Bergerak sedikit demi sedikit
Setelah istirahat sekitar 1 hari, ibu sudah bisa bergerak sedikit demi sedikit, misalnya duduk atau berjalan ke kamar mandi. Namun, jika ibu bersalin dengan operasi caesar, mungkin masih kesulitan dan harus ditolong oleh keluarga.
3. Makan makanan yang bergizi dan dalam jumlah yang cukup
Sehabis bersalin, ibu harus memulihkan energi dengan makan makanan bergizi dan cukup. Meskipun terkadang nafsu makan belum memadai karena rasa kram akibat kontraksi rahim, tapi ibu harus memaksa diri untuk makan agar tubuhnya bisa segera pulih dan melancarkan produksi ASI.
4. Minum obat, vitamin dan herbal
Hal ini akan menunjang kesehatan ibu agar bisa lebih cepat pulih karena obat yang diberi dokter/bidan, vitamin dan herbal seperti madu dan habbatussauda akan membantu tubuh untuk sembuh dengan lebih cepat.
5. Melakukan perawatan tubuh (mandi, pijat)
Sehabis bersalin, seorang ibu juga harus memperhatikan perawatan tubuhnya dengan mandi pagi sore, membersihkan wajah, memakai pelembab dan bisa juga memakai ramuan tradisional yang dioleskan di badan agar tubuh terasa lebih segar. Boleh juga bagi ibu sehabis bersalin meminum jamu-jamu yang dipercaya bisa mempercepat penyembuhan, melancarkan ASI dan mengembalikan bentuk tubuh ibu.
6. Senam ringan
Setelah beberapa hari, seorang ibu sudah bisa mulai melakukan senam ringan misalnya streching untuk menghilangkan rasa kaku tubuh. Bisa juga dengan melakukan kegiatan ringan misalnya membersihkan kamar atau memandikan bayi. Intinya melakukan kegiatan agar tubuh ibu tidak kaku.
7. Perbanyak dzikir dan doa
Selama nifas, seorang ibu tentunya tidak melakukaan sholat, membaca mushaf Al Quran secara langsung dan ibadah khusus lainnya. Hal ini akan membuat kondisi ibu rentan dengan berbagai gangguan ruhiyah, misalnya depresi post partum atau terkena baby blues. Oleh karena itu, seorang ibu sehabis bersalin perlu senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak berdzikir, berdoa, mengulang-ulang hapalan Al Quran atau membaca Al Quran digital. 
8. Positive thinking dan sabar
Menjadi seorang ibu berarti memiliki tugas baru untuk merawat dan membesarkan anak. Semua adalah nikmat dan karunia dari Allah. Jadi jangan jadikan tugas baru ini sebagai beban tapi senantiasa berpikir positif bahwa ini adalah nikmat yang belum tentu dimiliki oleh setiap orang. Sabar lah dalam menjalaninya dan pahala  yang besar akan menanti bagimu wahai ibu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar