Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Kamis, 22 Maret 2018

Tantangan 10 Hari Kelas Bunda Sayang: Think Creative #day1

Bismillah. Alhamdulillah  akhirnya tantangan level 9 kelas Bunda Sayang dimulai. Hari ini saya mencoba mereview kembali hasil diskusi materi 9 tentang kreativitas sebelum memulai melaksanakan tantangannya.
Ternyata anak-anak kita telah lahir dengan membawa kreativitasnya sendiri tapi kitalah orang tua yang sering menghambatnya.  Ini yang menjadi patokan saya untuk menjalani tantangan kali ini.
Ziyad dan Nusaibah hari ini kembali meminta memainkan HP dan hal ini selalu terjadi berulang kali dalam sehari. Padahal efek HP buat anak seusia mereka tidak terlalu baik terutama untuk kesehatan mata dan perkembangan mental mereka. 
Saya pun mulai berpikir bagaimana cara untuk mengalihkan perhatian mereka. Kebetulan kami sedang pulang kampung ke rumah neneknya. Jadi, disini banyak mainan adek yang baru berusia 7 tahun dan saya arahkan anak-anak untuk beralih ke permainan tersebut.
"Wah, kakak Nisa punya mainan banyak.. Bagus bagus. Ayo kita main main yuk" kataku mulai mengalihkan perhatian keduanya
Ziyad alhamdulillah langsung teralihkan saat melihat keranjang mainannya tapi tidak demikian dengan adeknya.  Awalnya Nusaibah masih terus merengek minta HP,  tapi setelah kakaknya Ziyad mengeluarkan satu per satu mainan dari keranjangnya,  akhirnya dia mau bermain bersama kakaknya.
Permainan yang mereka mainkan antara lain:
Ziyad sibuk bermain raket plastik dan mengayunkannya seperti sedang bermain bulu tangkis, lalu setelah bosan,  dia mengambil mainan hewan-hewan dan saya arahkan untuk menyebutkan nama hewan tersebut satu persatu. Tak lama,  dia bosan lagi dan dia bermain sendiri dengan memukul mukul mainan yang ada sehingga menghasilkan bunyi yang tidak beraturan, hehe.
Nusaibah awalnya bermain gitar plastik yang sudah rusak bagian pegangannya, tapi tak lama dia bosan lalu lanjut bermain boneka.  Bonekanya dia bedaki sampai putih semua badannya,hehe. Tak lama,  dia bermain lompat lompatan di kasur busa yang ada dikamar.
Alhamdulillah mereka jadi melupakan hp tadi saat bermain. Tapi, di waktu yang lain,  mereka kembali meminta hp tersebut. Akhirnya saya katakan,  hari ini belum bisa main hp karena belum waktunya.  Nanti kita main hp hari sabtu dan ahad.
Kakak  Ziyad sudah bisa mengerti tapi adiknya terus saja meminta. Jadi, saya sembunyikan hp dan tidak memperlihatkan kepada mereka hampir seharian ini kecuali dalam kondisi sembunyi sembunyi tanpa terlihat oleh mereka. 
Mungkin ini jalan terbaik agar mereka bisa teralihkan untuk bermain HP dan bisa fokus mengembangkan kreativitas mereka melalui kegiatan bermain. Aamiin.
#tantangan10hari
#level9
#kuliahbunsayiip
#thinkcreative

Tidak ada komentar:

Posting Komentar