Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Rabu, 07 Juni 2017

Tantangan 10 hari kuliah bunda sayang IIP #day5

Bismillah. Hari ini saya dan anak anak seperti biasa melalui rutinitas harian. Bangun tidur, mandi, makan, murojaah hapalan ziyad, bermain dan menyelesaikan tugas rumah tangga. Disela sela waktu, saya tadarrus Al quran. Dan biasanya anak anak datang mengganggu pas umminya lagi asyik tadarusan.
"Ummi,mauka minum/makan"
"Ummi,mauka main puzzle "(maksudnya dia mau diambilkan puzzle nya)
"Ummi,mauka berak/kencing"
"Ummi, lihat motorku"(sambil perlihatkan mainan motor barunya)
"Ummi, mauka beli coki coki, temanika beli di sakking (nama pemilik warung tetangga)
Itulah sederet permintaannya dikala saya tengah asyik dengan bacaan Alquran ku. Paling sering hal seperti ini memicu emosi tak stabil karena aktivitas saya mesti terhenti sejenak. Tapi jika kesadaran baik dan ingat bahwa inilah tugas utama saya mendampingi anak, maka persoalan beres. Tapi kalau lagi gagal fokus dan hilang kesadaran, semuanya jadi rumit,hehehe. Padahal sebenarnya sangat sederhana. Semua tergantung pengendalian emosi.
Apalagi hal ini terjadi saat kita dalam kondisi menikmati me time, rasanya kayak campur aduk begitu ya,hehehe. Akhirnya kita harus mengalah untuk melaksanakan keinginan anak atau memenuhi hajat mereka yang sudah tidak bisa ditunda lagi.
Hal inilah yang masih terus saya latih. Lulus hari ini belum tentu besok akan lulus. Tapi ini adalah proses panjang pembelajaran untuk komitmen melaksanakan komunikasi produktif, agar kita mampu memahami anak dan menyampaikan apa yang kita harapkan kepada mereka.
Semoga proses perbaikan dari hari ke hari semakin baik dan tetap banyak beristigfar karena begitu banyak kesalahan yang saya lakukan dalam proses belajar ini.
#level1
#day5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar