Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Sabtu, 10 Juni 2017

Tantangan 10 hari kuliah bunda sayang komunikasi produktif IIP #day8

Bismillah, ziyad hari ini alhamdulillah bersikap baik. Dia nurut apa yang saya sampaikan. Saya suruh mandi,dia laksanakan. Saya suruh mengaji dan murojaah hapalan, dia murojaah. Dia dengan.senang hati melaksanakan tugas yang Saya berikan seperti membersihkan mainan yang berantakan dengan baik. Hanya saja, dibalik itu semua,ternyata ada motif tersembunyi. Dia melakukan semua itu karena.mau.menonton film kesayangannya upin ipin.
"Ummi,minta hp ta,nonton upin ipin"
"Tidak boleh di` nak, anak sholeh tidak boleh terlalu sering nonton"
"Sebentar ji ummi, satu kali saja"
Saya hanya diam
"Iii ummi, sudah ma mandi, makan dan mengaji" katanya merengut.
Ya Allah, saya pun tidak habis pikir kenapa dia termotivasi karena itu. Ini adalah bahan introspeksi bagi diriku. Karena selama ini, saya sudah membiasakan dia nonton jika saya sibuk dan tidak bisa menemani bermain. Terkadang saya juga menjadikan gadget sebagai hadiah jika telah melaksanakan sesuatu seperti membersihkan mainan, atau selesai makan/mandi seperti yang tadi terjadi. Akhirnya sekarang begitu sulit menghilangkan kebiasaannya ini.
Tadi pagi,kembali dia minta nonton. Tapi tidak saya beri kan. Dia terus membujuk dan meminta hp. Tapi saya tetap teguh tidak memberikan nya. Akhirnya dia menyerah dan pergi bermain di halaman.
Pas magrib,kembali dia berulah. Mengambil hp tanpa sepengetahuan saya. Sayapun mencari hp dan ternyata diambil sama ziyad.
"Ziyad,hp nya ummi nak, tidak boleh begitu,ambil hp tidak minta izin sama ummi"
"Mauka nonton ummi"
"Tidak boleh di nak,nanti ada waktunya ziyad nonton,sekarang bukan waktunya nak"
"Pergi sholat dulu ya di masjid"
Dia belum beranjak. Tapi dengan sedikit bujukan,akhirnya dia mau pergi juga.
Betul betul tantangan gadget ini bikin saya geleng geleng kepala. Soalnya anak anak juga sudah sering melihat saya menggunakan hp dan tidak mungkin gadget ini dihilangkan sama sekali. Akhirnya saya hanya bisa mengatur  waktu penggunaan  gadget dengan dikomunikasikan kepada anak.
Semoga kedepannya ziyad tetap bisa menggunakan gadget tapi dengan pengawasan dan diatur waktunya karena mereka adalah anak anak yang lahir dimasa perkembangan gadget yang sangat pesat. Sisa kitalah orang tua yang mengontrol dan.mengatur agar.mereka.bisa diarahkan ke pemakaian yang bertujuan edukasi.
#level1
#day8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar