Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Kamis, 08 Juni 2017

Tantangan 10 hari komunikasi produktif kuliah bunda sayang IIP #day7

Bismillah. Hari ini saya ingin menceritakan tentang nusaibah. Memang tidak seperti ziyad yang sudah terbiasa berkomunikasi verbal dengan saya, nusaibah yang baru berumur 1 tahun 3 bulan belum terbiasa diajak komunikasi verbal tapi kebanyakan ke non verbal saja.
Nusaibah anak yang aktif dan tidak mau diam. Dia selalu bermain apa saja yang ada didekatnya dan tidak rewel kecuali alasan ngantuk, lapar, atau mungkin pada saat sedang tidak enak badan/sakit.
Hal ini sebenarnya saya sadari, tapi lagi lagi karena banyak hal,misalnya kesibukan,terkadang saya lupa bahwa ketika dia rewel, pasti ada sebabnya. Misal kejadian pagi ini.
Nusaibah seperti biasa sudah mandi,makan dan saya ajak bermain dengan berbagai mainan yang ada dirumah seperti boneka, puzzle bahkan bedak dan alat dapur terkadang saya berikan jika bosan dengan mainan biasa.
Tadi pas main, saya tinggal sebentar untuk ke dapur,dia langsung menangis. Lalu berulang ketika kakaknya mau dicebok dan saya tinggalkan kembali,dia nangis lagi. Saya ke wc untuk bawakan abinya sabun yang kebetulan stok lagi habis,dia.nangis lagi. Intinya dia tidak mau ditinggal dan.lengket terus sama saya.
Saya berusaha sabar dan mengendalikan emosi. Walau dalam hati menggerutu juga karena kerewelannya. Saya sebenarnya bertanya dalam hati,kenapa sih ini anak. Tadi sudah makan, sudah pup, badannya tidak hangat atau sakit, jadi rewel karena apa??
Akhirnya saya coba memberi asi. Ternyata tak lama kemudian,dia pun tertidur pulas. Ya Allah,ternyata ini toh penyebabnya. Saya kira dia belum ngantuk karena baru beberapa jam yang lalu bangun tidur. Ternyata dia mungkin masih mau tidur setelah bangun tadi karena tadi.malam memang tidur jam 11 malam,hehehe.
Masya Allah,ternyata mengendalikan emosi ini memang harus selalu dilatih dan dipaksakan ya. Soalnya anak anak kecil terkadang tidak mampu mengungkapkan keinginannya secara verbal dan hanya non.verbal saja sehingga kita yang harus pandai pandai dalam memahami dan.mengendalikan diri agar.masalah tidak.bertambah dengan masalah baru. Semoga kedepannya semua ibu dimanapun berada tidak pernah berhenti belajar jadi ibu yang lebih baik dengan komunikasi yang baik.
#level1
#day7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar