Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Sabtu, 15 Juli 2017

Tantangan 10 hari kemandirian anak kuliah bunsay IIP day 2

Bismillah
Hari ini kembali tantangan kemandirian anak dilanjutkan. Ziyad kembali saya ajarkan toilet training dengan membersihkan dengan menggunakan tangannya sendiri setelah BAB. Ketika dia sedang BAB, terjadi lah percakapan yang hampir sama persis dengan kemarin
"Ziyad, belajar cebok sendiri nah"
"Deh ummi, jangan mi, ummi saja yang cebok"
"Bagaimana mau pintar ziyad kalau ummi terus yang cebokin"
"Iye Pale" katanya mengiyakan
"Jadi ummi cebok sedikit baru kakak yang lanjutkan di"
"Iye ummi"
Lalu saya bersihkan kotoran yang menempel lalu ziyad melanjutkan menggosok dan mencuci dengan sabun. Paling tidak dia mulai sadar bahwa sekarang dia harus cebok sendiri dan lama kelamaan akan terbiasa  walaupun ummi tidak bantu lagi.
Saya sempat juga menyelipkan adab-adab ketika masuk wc seperti menyuruh ziyad untuk membaca doa sebelum masuk wc dan sesudah keluar dari wc. Alhamdulillah dia sudah hapal doanya. Saya pandu untuk memakai tangan kiri untuk cebok dan, memakai sabun supaya wangi.
Adapun adiknya saya serahkan dulu sama Tante nya di rumah karena saya sedang ke tempat tugas yang saya datangi sekali sepekan selama 2 hari. Jadi hari ini saya tidak memantau langsung aktivitas adek dirumah tapi dia bersama dengan tantenya.
Setelah saya telepon perkembangan nya, kata tantenya dia sudah mulai mau pakai sendal  Tanpa dilepas  ketika bermain di halaman rumah  atau pergi ke rumah sepupunya yang ada persis disamping rumah. Alhamdulillah. Semoga semakin hari anak-anak akan semakin mandiri dan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan kemandirian yang sudah dilatih sejak dini. Aamiin
#NuraeniAhmadGasim
#Day2
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar