Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Kamis, 13 Juli 2017

Tantangan 10 hari kemandirian anak kuliah bunsay IIP Day 1

Bismillah
Tugas baru, tantangan baru. Alhamdulillah sangat bersyukur bisa bergabung di program kuliah bunda sayang yang sangat menginspirasi dan memotivasi diri ini untuk menjadi ibu yang lebih baik.
Kali ini tantangan level 2 mengajak kami semua  untuk membuat portofolio kemandirian  anak dalam bentuk foto dengan caption atau narasi. InsyaAllah saya memilih narasi. Sebelumnya saya ingin menceritakan sedikit perkembangan kemandirian yang telah dicapai oleh ananda  Ziyad 3y10m dan Nusaibah 1y3m.
Ziyad
Ziyad saat ini sudah mampu untuk makan sendiri, minum sendiri, mandi+sikat gigi sendiri (walau belum bersih betul) dan BAB/bak sendiri (kecuali cebok BAB masih dibantu karena jijik sendiri sama pup nya). Selain itu,dia sudah pintar ketika diminta untuk membuang sampah, mengambil mainan dan mengembalikan, menyapu sedikit, tapi terkadang sangat malas membereskan mainan yang terhambur berantakan. Banyak alasan yang diungkapkan.
Jadi saat ini saya ingin melatih toilet training untuk cebok sendiri setelah BAB  dan melatih membereskan mainan.
Nusaibah
Karena umurnya yang masih 1 tahun lebih, yang saya ajarkan masih seputar kemandirian mengirus diriseperti belajar makan sendiri, minum sendiri, dan toilet training. Untuk mandi dia belum bisa karena belum terlalu mengerti cara membersihkan diri dengan sabun kecuali cuci tangan. Jika diberi sabun, dia sudah bisa menggosok sedikit sedikit. Untuk kemampuan jalan nya sudah lancar dan selalu mau bermain kehalaman rumah sampai tidak pakai sendal,hehe.
Jadi saya ingin fokus dulu melatih dia makan sendiri, belajar memakai sendal ketika keluar rumah dan toilet training.
Hari ini, saya dan kakak keluar rumah ke tempat tugas. Di jalan, dia minta untuk BAB. Setelah selesai, dia minta dicebok. Disini saya mulai melakukan sounding.
"Kakak, sekarang belajar cebok sendiri ya"
"Tidak mauka ummi"
"Belajar Ki nak,masa mau dicebok terus sampai besar"
Dia masih ngeles sampai akhirnya bilang
" Ummi pale dulu"
"Jadi ummi gosok dulu sedikit batu Ziyad gosok sendiri"
"Iye" katanya sambil mengangguk
"Jangan lupa pakai tangan kiri di nak"
Lalu saya mencebok satu kali lalu dia pun melanjutkan dengan memakai sabun dengan menggunakan tangan kirinya.
Dia belum mau membersihkan seluruhnya tapi mau ummi dulu yang gosok baru dia lanjut. Tapi tidak pa pa,karena melatih kemandirian nya memang tidak bisa dalam sehari jadi tapi mesti sampai dia mahir. Semoga Allah memberi kemudahan bagi saya dan seluruh bunda di manapun berada. Aamiin
Oiya untuk Nusaibah tadi saya sempat mengajar cara memakai sendal dengan mengajak nya menggunakan sendal ketika dia mau keluar main di rumah sepupunya. Jadilah dia jalan keluar dengan menggunakan sendal nya walau beberapa kali sendal tersebut lepas karena masih belum pas dikakinya. InsyaAllah lama kelamaan dia akan terbiasa keluar rumah menggunakan sendal.aamiin.
#NuraeniAhmadGasim
#Day1
#GameLevel2
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar