Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Sabtu, 25 November 2017

Stimulasi anak suka matematika #day 3

Bismillah.  Hari ini kakak Ziyad belajar geometri dari balok mainan edukatif. Kebetulan mainan ini baru saja saya belikan beberapa pekan yang lalu. 

Saya menunjukkan kepada Ziyad berbagai bentuk geometri seperti lingkaran, persegi panjang, segitiga, segiempat dan segilima. Dia tampak antusias memperhatikan.  Lalu saya tanyakan kepada ziyad,  bentuk-bentuk ini mirip dengan apa nak.  Dia pun menjawab beberapa jawaban yang tidak terduga oleh pikiran saya.  Misalnya tadi dia mengatakan bahwa lingkaran itu mirip dengan bulan, persegi panjang mirip dengan sadel sepedanya dan segitiga mirip dengan spinner, hehehe. Walaupun demikian, tetap saya berikan contoh yang lain yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain belajar geometri, hari ini juga ziyad saya minta untuk belanja telur yang sudah biasa dia lakukan. Uang yang saya berikan juga selalu dengan jumlah yang sama.  Jadi,  dia sudah mengerti dan terbiasa. Walaupun belum paham sepenuhnya dengan konsep jual beli secara khusus tapi paling tidak dia sudah belajar sedikit bahwa untuk memperoleh barang, kita perlu uang untuk dipakai membeli barang tersebut. Tetangga pemilik warung yang juga masih keluarga sudah biasa dengan ziyad yang belanja sendiri.  Jadi insyaAllah aman.

Adapun adiknya tadi sempat saya ajak untuk belajar kalsifikasi warna biji bijian.  Tapi dia tampaknya belum terlalu mengerti.  Maklum, usianya baru memasuki 1 tahun 8 bulan.  Jadi memang belum paham. Paling tidak dia sudah terstimulasi dengan berbagai pilihan warna yang terdapat pada biji bijian tersebut.

InsyaAllah tetap semangat belajar matematikanya ya nak...

#NuraeniAhmadGasim
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar