Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Minggu, 29 Mei 2016

Tips Maksimal Ibadah di Bulan Ramadhan

Tinggal beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan Ramadhan. Bulan penuh keberkahan. Bulan dimana orang berlomba-lomba mendulang pahala tanpa batas. Bulan dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu neraka. Bulan ini adalah bulan kemuliaan, didalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, lebih baik dari 83 tahun umur kita yang hanya dihabiskan untuk beribadah. Bulan ini adalah bulan diturunkannya Al Qur’an. Bulan dimana orang yang keluar darinya akan kembali fitrah seperti bayi yang baru lahir karena telah diampuni dosa-dosanya. Barangsiapa yang tidak mendapatkan keutamaannya pastilah menjadi orang yang merugi.

Selayaknya tamu agung yang akan datang ke rumah kita, tentu perlu persiapan dalam penyambutannya. Oleh karena itu, perlu bagi diri kita untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci nan mulia ini agar bisa maksimal. Lantas bagaimana cara agar kita bisa memaksimalkan persiapannya. Berikut tips yang dapat kita lakukan.

1. Berdoa
Berdoalah agar disampaikan kepada bulan suci ini karena kita tak pernah tahu sampai kapan umur kita. Dengan berdoa maka kita telah berusaha dengan jalan meminta kepada Sang Pemilik Jiwa agar menyampaikan umur kita kepada bulan yang sungguh mulai ini. Tak ada yang lebih utama melainkan ibadah-iabadah yang dilakukan di bulan suci ini.

2. Bertaubat
Memperbanyak taubat sebelum memasuki bulan Ramadhan agar kita memasukinya dalam keadaan bersih dan mensucikan diri dari sifat-sifat tercela diri kita. Dengan demikian, kita mengharap kemudahan dari Allah agar bisa memaksimalkan diri dalam beribadah didalamnya.

3. Memperbanyak puasa sunnah
Sebagai bulan yang didalamnya kita berpuasa sebulan penuh maka perlu persiapan agar tak kaget ketika memasukinya. Salah satu cara adalah dengan memperbanyak ibadah puasa di bulan-bulan sebelumnya agar kita terbiasa untuk berpuasa. Bagi yang memiliki qadha puasa, maka usahakan untuk menggantinya sebelum masuk bulan Ramadhan.

4. Memperbanyak ibadah-ibadah di bulan sya’ban
Memperbanyak ibadah-ibadah seperti sholat sunnah rawatib, sholat dhuha, sholat tahajud, dzikir, sedekah, membaca Al Qur'an agar kita terbiasa dalam beribadah sebelum memasuki bulan Ramadhan.


5. Membuat list dan target ibadah harian
List harian akan membantu kita untuk mengontrol ibadah apa saja yang telah kita lakukan. Hal ini akan memudahkan evaluasi ibadah harian kita agar tidak lalai dalam memaksimalkan ibadah. 
Buatlah daftar ibadah-ibadah yang akan kita lakukan selama sebulan penuh dan targetkan baik kuantitas maupun kualitas ibadah tersebut. Semoga dengan target tersebut, selalu ada motivasi untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan ibadah-ibadah.

6. Bekali diri dengan ilmu tentang bulan Ramadhan
Sebagai bekal kita menjalani puasa dengan lancar maka tentunya perlu mempersiapkan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, keutamaan bagi orang yang berpuasa dan berbagai hal lainnya terkait amalan kita di bulan suci ini agar kita dapat menjalani ibadah sesuai dengan ilmunya.

7. Siapkan fisik dan harta
Selain persiapan ruhiyah dengan banyak berdoa, taubat dan ibadah lainnya maka persiapan fisik dan harta pun tak kalah pentingnya. Hal ini karena selama menjalankan ibadah di bulan puasa, kita memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk melaluinya dengan baik serta harta baik yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk disedekahkan. Namun tentu saja untuk kebutuhan sehari-hari kita menyederhanakan pengeluaran karena makna bulan suci ini ingin mengajarkan kita untuk hidup secara sederhana dan merasakan penderitaan saudara-saudara kita yang kekurangan diluar sana.

8. Mengurangi kepadatan aktivitas dan pekerjaan di bulan Ramadhan
Sebagaimana seseorang yang menginginkan pahala yang melimpah dan berlipat ganda maka tentu harus dibarengi kesungguhan dalam meluangkan waktu dalam beribadah dengan mengurangi aktivitas yang membuang waktu dan pekerjaan yang terlalu padat yang dapat mengalihkan perhatian kita dari ibadah. Karena pada bulan inilah saatnya kita memperbanyak ibadah khususnya membaca Al Quran dan sholat lail (sholat tarawih, witir dan tahajud). Bukan berarti melalaikan pekerjaan kita tapi mengurangi porsinya dalam rangka mencapat target ibadah yang maksimal.

Demikianlah tips untuk memaksimalkan bulan Ramadhan kita. Bulan ini belum tentu bisa kita temui lagi tahun depan, maka sekaranglah saatnya untuk berbuat terbaik untuk meraup keutamaannya. Jangan sia-sia kan kesempatan ini. Mari maksimalkan ibadah kita. 


Dimuat dengan judul sama dihttp://www.kompasiana.com/ummuziyad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar