Entri yang Diunggulkan

Bertaubatlah...Sungguh Allah Maha Pengampun dan Penerima Taubat

Tulisan ini sengaja saya buat sebagai nasehat untuk diri saya pribadi. Di kemudian hari ketika kelak saya kembali membuka lembaran blog ini,...

Senin, 23 Mei 2016

Renungan: Berbagai Tujuan Hidup Manusia

Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Namun, banyak yang belum menyadari hakikat tujuan penciptaan ini dan akhirnya mencari tujuan-tujuan lain dalam hidupnya. Berikut beberapa tujuan hidup sebagian manusia berdasar pengalaman pribadi penulis.

Popularitas

Banyak manusia yang berlomba untuk populer dan tenar karena melihat bahwa orang yang populer itu memiliki kedudukan mulia di mata manusia.
Tapi sebenarnya kepopuleran tidaklah menunjukkan kemuliaan seseorang tapi yang utama adalah dimana letak kedudukannya dihadapan Allah. Jika seseorang populer tapi disisi Allah amat jauh kedudukannya maka sungguh itu hanyalah istidraj bagi dirinya. Bagi seorang yang memiliki kemuliaan dan ia pun populer, maka itu adalah sebuah bonus dari Allah.

Kekuasaan/amanah

Kekuasaan memang menggiurkan karena dengan kemampuan yang diberikan ini manusia bisa berbuat apa yang dia inginkan. Tapi kekuasaan itu sebenarnya adalah amanah. Setiap kekuasaan pasti akan dimintai pertanggungjawaban maka berhati-hatilah dalam menerima kekuasaan. Sebisa mungkin hindari meminta kekuasaan atau amanah.

Kekayaan

Kekayaan sering melenakan manusia dari kehidupan akhirat karena menikmati dunia yang menyilaukan sampai lupa bahwa hal ini tidaklah sebanding dengan apa yang ada di surga kelak. Kaya yang hakiki adalah kekayaan hati dengan sifat yang terpuji seperti sabar, syukur, tawakkal, dll.

Prestasi

Prestasi membuat kedudukan seseorang terangkat dimata manusia tapi belum tentu dihadapan Allah. Semua kembali bahwa prestasi sebenarnya adalah ketaatan kita menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Semua semata hanya mengharap ridhoNya.

Berbagi motivasi/dakwah

Banyak orang berbagi motivasi untuk hidup lebih baik tapi masih sangat sedikit yang menkhususkan diri untuk menjadi pendakwah yang senantiasa berbagi motivasi untuk dekat dengan Allah

Demikian beberapa tujuan hidup manusia yang penulis amati. Semoga kita bisa lebih berhati-hati dan semoga menjadi pengingat bagi diri saya dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar